Apakah Tingkat Glukosa Darah Mempengaruhi Kelaparan

Anda pernah mendengar ceritanya sebelumnya: saat Anda mengonsumsi makanan kaya karbohidrat yang dicerna dengan cepat, ia mengirimkan kadar gula darah dan insulin Anda melonjak, kemudian kadar gula darah Anda turun kembali dan Anda merasa lapar dan rewel. Anda meraih lebih banyak karbohidrat, mengabadikan siklus crash, makan berlebih, dan keuntungan gemuk.

Kedengarannya cukup masuk akal – sebenarnya sangat masuk akal sehingga sering dinyatakan sebagai fakta di media populer dan dalam percakapan santai. Gagasan ini begitu tertanam dalam jiwa populer sehingga orang sering mengatakan “Saya memiliki gula darah rendah” dan bukan “Saya lapar” atau “Saya lelah”. Tapi hipotesis ini memiliki masalah besar: meski penelitiannya ekstensif, namun belum didukung dengan jelas. Saya telah menulis tentang masalah ini sebelumnya.

Sebuah studi baru menawarkan tes hipotesis yang mudah, dan sekali lagi menemukannya kurang.

Pembelajaran

Bernd Schultes dan rekannya menggunakan desain cerdas untuk mengisolasi efek glukosa darah pada nafsu makan. Mereka merekrut 15 orang muda yang sehat, dan dua kali memberi mereka sarapan pagi yang sama.

Pada suatu kesempatan, mereka menunggu satu jam setelah makan dan memasukkan garam yang mengandung 50 gram glukosa ke dalam aliran darah relawan selama periode satu jam. Pada kesempatan lain, mereka melakukan hal yang sama kecuali menggunakan garam tanpa glukosa. Selama infus, dan satu jam kemudian, para peneliti memantau kadar glukosa darah, insulin darah, dan spidol nafsu makan.

Hasil

Seperti yang diharapkan, infus glukosa secara nyata meningkatkan kadar glukosa darah dan insulin pada jam setelah makan. Setelah para peneliti menghentikan infus glukosa, kadar glukosa darah relawan menurun, akhirnya mencapai tingkat yang jauh lebih rendah daripada kondisi kontrol (54 mg / dL vs 70 mg / dL). Ini adalah post-meal “crash” yang seharusnya memicu nafsu makan.

Namun tingkat kelaparan, nafsu makan, kenyang, dan kepenuhan tidak berbeda antar kelompok setiap saat – baik selama infus maupun sesudahnya.

Diskusi

Kami memiliki bukti yang luas bahwa otak memperhatikan kadar glukosa darah, dan memicu nafsu makan saat berjalan terlalu rendah sebagai bagian dari rangkaian respons pelindung untuk mempertahankan kadar glukosa darah (ini disebut “respons kontraregulasi”). Namun, keseluruhan bukti menunjukkan bahwa Anda harus mengalami hipoglikemia yang cukup serius agar hal ini terjadi – sesuatu yang jarang terjadi pada orang yang tidak menggunakan insulin untuk mengobati diabetes. Ketika peneliti benar-benar mengukur kadar glukosa darah orang non-diabetes yang melaporkan perasaan “hipoglikemik”, sebagian kecil dari mereka benar-benar hipoglikemik, namun sebagian besar memiliki tingkat glukosa darah normal yang normal. Hipoglikemia bukanlah sesuatu yang sering terjadi pada populasi non-diabetes umum, dan tidak menawarkan penjelasan yang meyakinkan mengapa kita merasa lapar atau lelah di antara waktu makan.

Otak mendengarkan berbagai sinyal yang menunjukkan status energi tubuh, dan ini mengintegrasikan sinyal ini untuk menentukan sensasi lapar atau kenyang Anda (7). Glukosa adalah salah satu sinyal yang didengar otak, namun ada banyak hal lainnya, dan otak tampaknya tidak terlalu memperhatikan sinyal glukosa saat berada dalam rentang yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan orang. Sebaliknya, otak memperhatikan tingkat leptin, CCK, GLP-1, glukagon, amylin, ghrelin, dan sinyal naik dari usus melalui nervus vagus.

Saya menyukai penelitian ini karena memanipulasi kadar glukosa darah dengan cara yang tidak mungkin dikacaukan oleh variabel yang mengecilkan rancangan penelitian lainnya. Mereka melepaskan ini dengan memanipulasi glukosa darah secara langsung, menirukan profil glukosa dari makanan glisemik tinggi untuk melihat apakah fluktuasi makanan pasca makan di ujung ekstrem kisaran normal mempengaruhi nafsu makan.

Dan, konsisten dengan penelitian terdahulu, sepertinya tidak. Bagaimana kita mendamaikan ini dengan fakta bahwa beberapa penelitian makan tunggal telah menemukan bahwa makanan dengan kadar glisemik lebih banyak daripada makanan dengan kadar glisemik yang lebih tinggi? Inilah yang saya pikirkan. Efek sating dari makanan rendah glisemik mungkin tidak banyak berhubungan dengan glukosa darah sama sekali, namun: 1) fakta bahwa penelitian ini biasanya tidak dikendalikan dengan baik untuk variabel lain yang diketahui mempengaruhi kenyang, seperti kepadatan kalori, Serat, protein, dan palatabilitas; Dan 2) fakta bahwa makanan rendah glisemik dicerna lebih lambat dan oleh karena itu cenderung meninggalkan karbohidrat yang berkeliaran di usus yang berinteraksi dengan reseptor kenyang usus lebih lama.

Penulis menyimpulkan:
Temuan ini dengan jelas berbicara menentang anggapan bahwa fluktuasi glikemia dan juga insulinemia merupakan sinyal utama dalam regulasi jangka pendek tentang rasa lapar dan kenyang.
MD Bariatric Arya Sharma juga memiliki beberapa pemikiran bagus mengenai penelitian ini:
Pelajaran di sini, saya kira itu, hanya karena ada narasi yang tampaknya menarik untuk mendukung sebuah gagasan, itu tidak berarti bahwa begitulah biologi di kehidupan nyata actual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s